Senin, 08 Mei 2017

South Sea Pearl (Mutiara Lombok)

South Sea Pearl (Mutiara Lombok)

 

Mutiara Indonesia khususnya Mutiara Lombok dikenal dengan Mutiara Laut Selatan (South Sea Pearl). Mutiara Laut Selatan adalah mutiara Putih dan Emas yang besar dan bercahaya. Sebagai yang paling langka dan dicari, mutiara Laut Selatan terkenal dengan ukurannya yang luar biasa dan keharuman satin yang indah. Mutiara laut Selatan adalah mutiara air asin yang dibudidayakan dari tiram, ditemukan berpusat di Australia Utara dan Asia Tenggara, termasuk Myanmar dan Indonesia.
  • Ukuran: biasanya 8 mm – 20 mm, rata-rata 13 mm.
  • Warna: Putih, Krim, Perak. Umum: Pink, Hijau, Biru.
  • Asal: Australia, Indonesia, dan Filipina adalah sumber utama mutiara budidaya air asin ini.
  • Jenis moluska: Pinctada maxima
Mutiara adalah suatu benda keras yang diproduksi di dalam jaringan lunak (khususnya mantel) dari moluska hidup. Sama seperti cangkangnya, mutiara terdiri dari kalsium karbonat dalam bentuk kristal yang telah disimpan dalam lapisan-lapisan konsentris. Mutiara yang ideal adalah yang berbentuk sempurna bulat dan halus, tetapi ada juga berbagai macam bentuk lain.
Mutiara budidaya atau mutiara yang berasal dari tiram merupakan mayoritas dari mutiara-mutiara yang dijual di pasaran. Mutiara laut dihargai lebih tinggi dari mutiara air tawar. Yang banyak dijual dengan harga murah adalah mutiara imitasi, tetapi kualitasnya biasanya jelek. Secara umum, mutiara imitasi dapat dengan mudah dibedakan dari mutiara asli. Mutiara banyak dibudidaya untuk digunakan sebagai perhiasan. Untuk membedakan mutiara asli atau tidak bisa dilakukan dengan cara:
1.     Digigit. Mutiara asli akan terasa seperti terdapat serpihan-serpihan batu saat digigit.
2.     Dibakar. Mutiara asli apabila terbakar tidak akan meleleh dan warna kembali ke warna asal.
Tiram mutiara (Familia pteriidae) adalah penghasil mutiara yang paling umum dibudidayakan untuk mutiaranya.
Jenis-jenis tiram mutiara ini adalah:
  • Pinctada maxima – tiram mutiara bibir emas/perak
  • Pinctada margaritifera – tiram mutiara bibir hitam
  • Pinctada fucata – tiram mutiara Akoya
  • Pteria penguin – tiram mutiara bersayap

Berikut beberapa contoh Mutiara Lombok yang dijual di Dlava Butik. Teman-teman bisa lihat di http://www.dlavabutik.com dan  https://www.instagram.com/dlavabutik/  



 




 













































Tidak ada komentar:

Posting Komentar