Rabu, 25 November 2015

Tips Merawat Kain Batik, Tenun dan Songket



Halo Blogger ^.^

Mempunyai kain batik, tenun dan songket Indonesia menjadi kebanggaan tersendiri buat kita - kita yang memakainya. Sekarang ini sudah banyak banget disainer Indonesia yang membuat rancangannya dari kain batik, tenun dan songket, sebut saja anne Avantie, Dian Pelangi, Poppy Darsono, Itang Yunaz, dan lain - lain. Agar pakaian dan kain batik, tenun, dan songket kita awet sebaiknya pencucian dilakukan di laundry dan minta untuk dilakukan dry clean. Penggunaan bahan kimia pada perlakuan dry clean ini memiliki keunggulan seperti senyawa kimianya mampu mempertahankan warna kain sekaligus menghilangkan bekas noda.

Apabila mau dicuci sendiri di rumah, sebaiknya dicuci dengan tangan (jangan mesin cuci ya). Perlakuan awal sebaiknya pisahkan jenis pakaian yang mau dicuci dari bahan kain dan warna kain untuk mencegah luntur. Cuci terpisah menggunakan cairan pencuci khusus (cairan pencuci kain batik yang bisa dibeli di swalayan atau khusus untuk batik bisa dipakai lerak). Kain tenun, songket, dan batik tidak perlu direndam. Setelah dicuci, bilas hingga bersih, peras, dan jemur. Proses penjemuran sangat tidak disarankan untuk dilakukan di bawah sinar matahari langsung dan lakukan penjemuran ke bagian sisi kain/pakaian yang berbeda.

Proses setrika dilakukan dengan suhu yang sangat rendah. Apabila blogger mempunya setrika uap lebih bagus lagi. Uapnya yang sebaiknya dipaparkan ke pakaian/kain, jangan setrikanya ya. Apabila menggunakan setrika biasa, blogger dapat melapisi pakaian/kain dengan kain tipis biasa di atasnya (jadi kain tipis tersebut letaknya diantara setrika dan pakaian/kain batik/tenun/songket.

Setelah rapih, sebaiknya digantung atau dilipat di dalam lemari. Hindari kontak langsung pakaian/kain batik, tenun, songket dengan pengharum ruangan agar tidak merusak warna kain.

Perawatan kain tenun, batik, songket bisa juga dilakukan dengan mengeluarkan dari dalam lemari lalu jemur di tempat yang teduh dalam jangka waktu yang sebentar. Lalu masukkan ke lemari kembali. Perawatan ini dilakukan apabila pakaian/kain batik, tenun, songket jarang dipakai. Sekian dulu tulisan ini, semoga bermanfaat. Salam Indonesia.

Daftar Pustaka
Lombok Post Koran, 21 November 2015.

Dlava Butik
Ayo datang dan beli koleksi pakaian dan kain batik, tenun, dan songket dari seluruh Indonesia di Dlava Butik Jl. Pendidikan No. 17 Gomong, Kota Mataram - Nusa Tenggara Barat. Koleksi kami khas Indonesia, sangat cantik, kualitas sangat baik, dan harga terjangkau.

1 komentar:

  1. Terima kasih atas artikelnya. sangat menarik dan mudah dipahami. Apakah anda pernah dengar jasa Laundry Premium Medan yang bisa mengatasi songket yang bau dan kotor? saya sedang mencari dan menemukan website anda

    BalasHapus